THE IMPACT OF ENVIRONMENTAL DEGRADATION ON THE SOCIO-ECONOMIC ASPECTS OF COMMUNITY IN THE SIAK RIVER WATERSHED, RIAU PROVINCE INDONESIA

Fitria Devita, Suardi Tarumun

Abstract


Sungai Siak di Provinsi Riau yang merupakan sungai terdalam di Indonesia mempunyai peranan penting sebagai prasarana transportasi dan memberikan kehidupan bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungainya (DAS). Seiring dengan perkembangan ekonomi dan penduduk pemanfaatan sungai dan DAS Siak telah melebihi batas kapasitasnya sehingga terjadi kerusakan ekosistem. Kerusakan ini bersumber dari perubahan kegiatan manusia yang langsung mempengaruhi ekosistem sungai Siak dan kegiatan yang tidak langsung mempengaruhi ekosistem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari kerusakan ekosistem sungai Siak terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat yang tinggal disepanjang DAS Siak. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas maka dilakukan survey lapangan di tiga buah desa dan satu kelurahan untuk mengumpulkan data primer berupa data fisik dan kimia dan data ekonomi dan sosial. Ada dua variable yang diidentifikasi yaitu data kualitas air untuk melihat tingkat kerusakan ekosistem dan data ekonomi dan sosial sebagai variable terkena dampak. Penurunan kualitas air disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu limbah yang dibuang oleh industri yang berdiri disepanjang sungaiSiak, limbah domestik dari aktifitas manusia perkotaan dan limbah dari aktifitas pembangunan yang menggunakan lahan secara massive di daratan disepanjang DAS. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama 10tahun terakhir telah terjadi perubahan lingkungan pada DAS dan sungai Siak yang merusakjasa lingkungan yang selama ini diberikan oleh sungai Siak sehingga mempengaruhi kondisi ekonomi dan sosial masyarakat yang tinggal di DAS Siak. Dampak ekonomi dan sosial ini adalah penurunan pendapatan, penurunan tingkat kesehatan, perpindahan pekerjaan ke strata yang lebih rendah, dan pada tingkat tertentu terjadinya perubahan budaya masyarakat. Secara umum perubahan produksi jasa lingkungan yang selam ini diberikan oleh DAS Siak telah menyebabkan tingkat kesejahteraan penduduk menurun.

Keywords


Ecosystem Services; Siak River; Environmental Degradation; Waste.

Full Text:

PDF

References


Board of Environmental Affair, 2009. The quality of water of Siak River. Unpublished document of Siak Regency. Government of Siak Regency, Riau Province, Indonesia.

Fitria Devita, 2010. The impact of environmental damage on the community economy in Siak Regency, Riau Province, Indonesia. Unpublished research paper. Faculty of Agriculture University of Riau, Indonesia.

Government of Siak Regency (2009). Monografi Desa(Village Profile), Unpublished demographic data of village.Government of Siak Regency, Riau Province, Indonesia.

Husnah, Eko Prianto and Makri (2010). Structure community of macrozoobenthos in relationto water quality of Siak River, Riau Province, Indonesia. Proceeding of National Seminar Limnology V, 2010.

Ranganathan, et all, 2008. Ecosystem Services, A guide for decision makers. World Resources Institute. Riau Forest Rescue Network (Jikalahari), 2010. “Fakta Kritis Analisis.” (Analysis of critical fact) www.jikalahari.co.id Accessed on 10 February 2011.

Rosita, (2010). BLH Siak Kirim Sample Ikan(Board of Environmental Affair sent fish sample). National News Agency, Antara. www.antarariau.com/id/modul/12361/blh-siak-kirim-sampel-ikan.html. Accessed on 10 February 2011.

Tanjung, Anwar Chaidir (2004). Ikan mati di Sungi Sikan karena kekurangan Oksigen(Dead fish in Siak river due to lack of oxygen). Detik News, Online News Paper. www.detiknews.com/read/2004/06/09/173036/161642/10/ikan-mati-di-sungai-siak-karena-kekurangan-oksigen. Accessed on 10 February 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jil.6.1.p.15-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Pascasarjana Universitas Riau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.